Rabu, 16 September 2015

Indikator dan Rubrik Penilaian K13 pada laporan PPL



INDIKATOR DAN RUBRIK PENILAIAN
A.   OBSERVASI
SIKAP RELIGIUS
Kompetensi Sikap Religius
Indikator :
1.      Berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran
2.      Menjalankan ibasah sesuai dengan aturan agama tepat waktu (penilaian diri)
3.      Memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan ajaran agama yang dianut
Indi
kator
Aspek
pengamatan
Kriteria
1.       
a.    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor 1 : Tidak pernah berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor 2 : Kadang-kadang berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor 3 : Sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor 4 : Sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2.       
b.    Menjalankan ibadah sesuai dengan aturan agama tepat waktu
Skor 1 : Tidak pernah menjalankan ibadah sesuai  aturan agama tepat waktu
Skor 2 : Kadang-kadang menjalankan ibadah sesuai  aturan agama tepat waktu
Skor 3 : Sering menjalankan ibadah sesuai  aturan agama tepat waktu
Skor 4 : Sering menjalankan ibadah sesuai  aturan agama tepat waktu

3.       
c.    Memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut
Skor 1 : Tidak pernah memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut
Skor 2 : Kadang-kadang memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut
Skor 3 : Sering memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut
Skor 4 : Selalu memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut
SIKAP SOSIAL
1.      Kompetensi sikap rasa ingin tahu
Indikator :
1.      Bertanya kepada guru atau teman tentang materi pelajaran
2.      Ketertarikan terhadap materi pelajaran
3.      Berupaya mencari sumber belajar tentang konsep / masalah yang dipelajari
Indi
kator
Aspek
Pengamatan
Kriteria
1.       
a.    Bertanya kepada guru atau teman tentang materi pelajaran
Skor 1 : Tidak pernah bertanya kepada guru/teman jika menemui kesulitan
Skor 2 : Tidak pernah bertanya kepada guru tetapi berani bertanya kepada temannya jika menemui kesulitan
Skor 3 : Kadang-kadang berani bertanya dengan teman maaupun guru
Skor 4 : Selalu berani bertanya dengan teman maupun guru jika menemui kesulitan atau mencari informasi lain sebagai sumber belajar
2.       
b.    Ketertarikan terhadap materi pelajaran
Skor 1 : Tidak tertarik pada materi yang diajarkan
Skor 2 : Kadang-kadang tertarik tetapi bersikap pasif pada materi yang di ajarkan
Skor 3 : Kadang-kadang tertarik dan aktif  pada materi yang diajarkan
Skor 4 : Selalu tertarik dan aktif pada saat pembelajaran berlangsung
3.       
c.    Berupaya mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari
Skor 1 : Tidak berupaya mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari
Skor 2 : Kadang-kadang berupaya mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari dengan bertanya kepada teman
Skor 3 : Kadang-kadang mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari dengan bertanya kepada guru
Skor 4: Selalu mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari dengan  bertanya kepada teman dan giri dengan membaca buku,mengamati lingkungan sekitar yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar.

2.      Kompetensi Sikap tanggung jawab
Indikator :
1.      Melaksanakan tugas individu dengan baik
2.      Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
3.      Mengembalikan barang yang di pinjam (penilaian diri dan antar sesama)

Indi
kator
Aspek
pengamatan
Kriteria
1.       
Melaksanakan tugas individu dengan baik
Skor 1 : Tidak pernah melaksanakan tugas dengan baik
Skor 2 : Kadang-kadang melaksanakan tugas dengan baik dan tidak tepat
waktu
Skor 3 : Kadang-kadang melaksanakan tugas dengan baik dan tepat waktu
Skor 4 : Selalu melaksanakan tugas dengan baik dan tepat waktu
2.       
Tidak menyalahkan orang lain untuk kesalahan tindakan kita sendiri
Skor 1 : Selalu menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
Skor 2 : Kadang-kadang menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti
yang akurat dan mempengaruhi teman lain
Skor 3 : Kadang-kadang menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti
yang akurat tetapi tidak mempengaruhi teman lain
Skor 4 : Tidak pernah menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang
akurat
3.       
Mengembalikan barang yang dipinjam
Skor 1 : Tidak pernah mengembalikan barang yang dipinjam
Skor 2 : Kadang-kadang mengembalikan barang yang dipinjam tidak tepat
waktu
Skor 3 : Kadang-kadang mengembalikan barang yang dipinjam tepat
waktu
Skor 4 : Selalu mengembalikan barang yang dipinjam dan  tepat waktu





3.      Kompetensi Sikap percaya diri
Indikator :
1.      Berpendapat/melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
2.      Berani presentasi di depan kelas
3.      Mampu membuat keputusan dengan cepat (Penilaian Diri)

Indi
kator
Aspek
Pengamatan
Kriteria
1.       
Berani bependapat/ melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
Skor 1 : Tidak pernah berpendapat/melakukan kegiatan
Skor 2 : Kadang-kadang berpendapat/melakukan kegiatan tetapi masih ragu-ragu
Skor 3 : Kadang-kadang berpendapat/melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
Skor 4 : Selalu berpendapat/melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
2.       
Berani presentasi di de[an kelas
Skor 1 : Tidak pernah presentasi di depan kelas
Skor 2 : Kadang-kadang presentasi di depan kelas dengan bimbingan
Skor 3 : Kadang-kadang presentasi di depan kelas tanpa bimbingan
Skor 4 : Selalu presentasi di depan kelas tanpa bimbingan
3.       
Mampu membuat keputusan dengan cepat
Skor 1 : TIdak pernah mampu membuat keputusan dengan cepat
Skor 2 : Kadang-kadang mampu membuat keputusan dengan cepat melalui bimbingan
Skor 3 : Kadang-kadang mampu membuat keputusan dengan cepat tanpa bimbingan
Skor 4 : Selalu mampu membuat keputusan dengan cepat tanpa bimbingan





4.      Kompetensi sikap disiplin
Indikator :
1.      Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
2.      Tertib dalam mengikuti pembelajaran
3.      Membawa buku tulis dan buku teks sesuai dengan mata pelajaran

Indi
kator
Aspek
pengamatan
Kriteria
1.       
a.    Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 1 : Tidak pernah mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 2 : Kadang-kadang mengerjakan.mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 3 : Sering mengerjakan.mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 4 : Selalu mengerjakan.mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
2.       
b.    Tertib dalam mengikuti pembelajaran
Skor 1 : Tidak pernah tertib dalam mengikuti pembelajaran
Skor 2 : Kadang-kadang tertib dalam mengikuti pembelajaran
Skor 3 : Sering tertib dalam mengikuti pembelajaran
Skor 4 : Selalu tertib dalam mengikuti pembelajaran
3.       
Membawa buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 1 : Tidak pernah membawa buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 2 : Kadang-kadang membawa buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 3 : Sering membawa buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 4 : Selalu membawa buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran




5.      Kompetensi sikap gotong-royong
Indikator :
1.      Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
2.      Kesediaan melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
3.      Aktif dalam kerja kelompok

Indi
kator
Aspek
pengamatan
Kriteria
1.       
Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah

Skor 1 : Tidak pernah terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
Skor 2 : Kadang-kadang terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
Skor 3 : Sering terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
Skor 4 : Selalu terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
2.       
Kesediaan melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
Skor 1 : Tidak pernah melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
Skor 2 : Kadang-kadang melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
Skor 3 : Sering melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
Skor 4 : Selalu melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
3.       
Aktif dalam kerja kelompok
Skor 1 : Tidak pernah aktif dalam kerja kelompok
Skor 2 : Kadang-kadang aktif dalam kerja kelompok
Skor 3 : Sering aktif dalam kerja kelompok
Skor 4 : Selalu aktif dalam kerja kelompok






6.      Kompetensi sikap jujur
Indikator :
1.      Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian / ulangan
2.      Tidak menjadi plagiat (mengambil,menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
3.      Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
Indi
kator
Aspek
pengamatan
Kriteria
1.       
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian / ulangan
Skor 1 : Selalu menyontek setiap ujian / ulangan
Skor 2 : Sering menyontek saat ujian / ulangan
Skor 3 : Kadang-kadang menyontek saat ujian / ulangan
Skor 4 : Tidak pernah menyontek saat ujian / ulangan
2.       
Tidak menjadi plagiat (mengambil,menjalin,menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
Skor 1 : Selalu menjadi plagiat
Skor 2 : Sering  menjadi plagiat
Skor 3 : Kadang-kadang  menjadi plagiat
Skor 4 : Tidak pernah  menjadi plagiat
3.       
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
Skor 1 : Tidak pernah mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
Skor 2 : Kadang-kadang  mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
Skor 3 : Sering  mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
Skor 4 : Selalu  mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




7.      Kompetensi sikap santun
Indikator :
1.      Menghormati orang yang lebih tua
2.      Tidak menyela pada waktu yang tidak tepat
3.      Bersikap salam,senyum,sapa

Indi
kator
Aspek
pengamatan
Kriteria
1.       
Menghormati orang yang lebih tua
Skor 1 : Tidak pernah menghormati orang yang lebih tua
Skor 2 : Kadang-kadang menghormati orang yang lebih tua
Skor 3 : Sering menghormati orang yang lebih tua
Skor 4 : Selalu menghormati orang yang lebih tua
2.       
Tidak menyela pembicaraan pada waktu guru menjelaskan pelajaran
Skor 1 : Selalu menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
Skor 2 : Kadang-kadang menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
Skor 3 : Sering menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
Skor 4 : Selalu menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
3.       
Bersikap salam,senyum,sapa
Skor 1 : Tidak pernah bersikap salam,senyum,sapa
Skor 2 : Kadang-kadang bersikap salam,senyum,sapa
Skor 3 : Sering bersikap salam,senyum,sapa
Skor 4 : Selalu bersikap salam,senyum,sapa








INDIKATOR DAN RUBRIK PENILAIAN
B.   PENILAIAN DIRI
SIKAP RELIGIUS
Kompetensi Sikap Religius
Indikator :
                              1.            Berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran
                              2.            Menjalankan ibasah sesuai dengan aturan agama tepat waktu (penilaian diri)
                              3.            Memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan ajaran agama yang dianut
Indi
kator
Aspek
Pengamatan
Kriteria
1.
a.    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor 1 : Saya tidak pernah berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor 2 : Saya kadang-kadang berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor 3 : Saya sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor 4 : Saya sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2.
b.  Menjalankan ibadah sesuai dengan aturan agama tepat waktu
Skor 1 : Saya tidak pernah menjalankan ibadah sesuai  aturan agama tepat waktu
Skor 2 : Saya kadang-kadang menjalankan ibadah sesuai  aturan agama tepat waktu
Skor 3 : Saya sering menjalankan ibadah sesuai  aturan agama tepat waktu
Skor 4 : Saya sering menjalankan ibadah sesuai  aturan agama tepat waktu

3.
c.         Memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut
Skor 1 : Saya tidak pernah memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut
Skor 2 : Saya kadang-kadang memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut
Skor 3 : Saya sering memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut
Skor 4 : Saya selalu memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut
1.    Kompetensi Sikap Rasa ingin tahu
Indikator :
1.        Mengemukakan pikiran atau bertanya yang berupaya untuk menhetahui lebih mendalam dan meluas dari suatu yang dipelajari,dilihat,dan didengar
2.        Mencerminkan sikap ketertarikan yang berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari suatu yang dipelajari,dilihat,dan didengar
3.        Melakukan tinadakan yang berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari suatu yang dipelajari,dilihat,dan didengar
Indi
Kator
Aspek
Pengamatan
Kriteria
1.
a.         Bertanya kepada guru atau teman tentang materi pelajaran
Skor 1 : Saya tidak pernah bertanya kepada guru/teman jika menemui kesulitan
Skor 2 : Saya tidak pernah bertanya kepada guru tetapi berani bertanya kepada temannya jika menemui kesulitan
Skor 3 : Saya kadang-kadang berani bertanya dengan teman maaupun guru
Skor 4 : Saya selalu berani bertanya dengan teman maupun guru jika menemui kesulitan atau mencari informasi lain sebagai sumber belajar
2.
b.        Ketertarikan terhadap materi pelajaran
Skor 1 : Saya tidak tertarik pada materi yang diajarkan
Skor 2 : Saya kadang-kadang tertarik tetapi bersikap pasif pada materi yang di ajarkan
Skor 3 : Saya kadang-kadang tertarik dan aktif  pada materi yang diajarkan
Skor 4 : Saya selalu tertarik dan aktif pada saat pembelajaran berlangsung
3.
c.         Berupaya mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari
Skor 1 : Saya tidak berupaya mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari
Skor 2 : Saya kadang-kadang berupaya mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari dengan bertanya kepada teman
Skor 3 : Saya kadang-kadang mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari dengan bertanya kepada guru
Skor 4: Saya selalu mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari dengan  bertanya kepada teman dan giri dengan membaca buku,mengamati lingkungan sekitar yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar.

2.      Kompetensi Sikap tanggung jawab
Indikator :
1.      Melaksanakan tugas individu dengan baik
2.      Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
3.      Mengembalikan barang yang di pinjam (penilaian diri dan antar sesama)

Indi
Kator
Aspek
Pengamatan
Kriteria
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik
Skor 1 : Saya tidak pernah melaksanakan tugas dengan baik
Skor 2 : Saya kadang-kadang melaksanakan tugas dengan baik dan tidak tepat waktu
Skor 3 : Saya kadang-kadang melaksanakan tugas dengan baik dan tepat waktu
Skor 4 : Saya selalu melaksanakan tugas dengan baik dan tepat waktu
2.
Tidak menyalahkan orang lain un tuk kesalahan tindakan kita sendiri
Skor 1 : Saya selalu menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
Skor 2 : Saya kadang-kadang menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat dan mempengaruhi teman lain
Skor 3 : Saya kadang-kadang menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat tetapi tidak mempengaruhi teman lain
Skor 4 : Saya tidak pernah menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
3.
Mengembalikan barang yang dipinjam
Skor 1 : Saya tidak pernah mengembalikan barang yang dipinjam
Skor 2 : Saya kadang-kadang mengembalikan barang yang dipinjam tidak tepat waktu
Skor 3 : Saya kadang-kadang mengembalikan barang yang dipinjam tepat waktu
Skor 4 : Saya selalu mengembalikan barang yang dipinjam dan  tepat waktu


3.      Kompetensi Sikap percaya diri
Indikator :
1.      Berpendapat/melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
2.      Berani presentasi di depan kelas
3.      Mampu membuat keputusan dengan cepat (Penilaian Diri)

Indi
kator
Aspek
Pengamatan
Kriteria
1.
Berani bependapat/ melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
Skor 1 : Saya tidak pernah berpendapat/melakukan kegiatan
Skor 2 : Saya kadang-kadang berpendapat/melakukan kegiatan tetapi masih ragu-ragu
Skor 3 : Saya kadang-kadang berpendapat/melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
Skor 4 : Saya selalu berpendapat/melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
2.
Berani presentasi di de[an kelas
Skor 1 : Saya tidak pernah presentasi di depan kelas
Skor 2 : Saya kadang-kadang presentasi di depan kelas dengan bimbingan
Skor 3 : Saya kadang-kadang presentasi di depan kelas tanpa bimbingan
Skor 4 : Saya selalu presentasi di depan kelas tanpa bimbingan
3.
Mampu membuat keputusan dengan cepat
Skor 1 : Saya tidak pernah mampu membuat keputusan dengan cepat
Skor 2 : Saya kadang-kadang mampu membuat keputusan dengan cepat melalui bimbingan
Skor 3 : Saya kadang-kadang mampu membuat keputusan dengan cepat tanpa bimbingan
Skor 4 : Saya selalu mampu membuat keputusan dengan cepat tanpa bimbingan





4.      Kompetensi sikap disiplin
Indikator :
1.      Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
2.      Tertib dalam mengikuti pembelajaran
3.      Membawa buku tulis dan buku teks sesuai dengan mata pelajaran

Indi
kator
Aspek
pengamatan
Kriteria
1.
a.    Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 1 : Saya tidak pernah mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 2 : Saya kadang-kadang mengerjakan.mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 3 : Saya sering mengerjakan.mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 4 : Saya selalu mengerjakan.mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
2.
b.    Tertib dalam mengikuti pembelajaran
Skor 1 : Saya tidak pernah tertib dalam mengikuti pembelajaran
Skor 2 : Saya kadang-kadang tertib dalam mengikuti pembelajaran
Skor 3 : Saya sering tertib dalam mengikuti pembelajaran
Skor 4 : Saya selalu tertib dalam mengikuti pembelajaran
3.
c.    Membawa buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 1 : Saya tidak pernah membawa buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 2 : Saya kadang-kadang membawa buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 3 : Saya sering membawa buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 4 : Saya selalu membawa buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran


5.    Kompetensi sikap gotong-royong
Indikator :
1.      Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
2.      Kesediaan melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
3.      Aktif dalam kerja kelompok

Indi
kator
Aspek
pengamatan
Kriteria
1.
Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah

Skor 1 : Saya tidak pernah terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
Skor 2 : Saya kadang-kadang terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
Skor 3 : Saya sering terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
Skor 4 : Saya selalu terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
2.
Kesediaan melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
Skor 1 : Saya tidak pernah melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
Skor 2 : Saya kadang-kadang melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
Skor 3 : Saya sering melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
Skor 4 : Saya selalu melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
3.
Aktif dalam kerja kelompok
Skor 1 : Saya tidak pernah aktif dalam kerja kelompok
Skor 2 : Saya kadang-kadang aktif dalam kerja kelompok
Skor 3 : Saya sering aktif dalam kerja kelompok
Skor 4 : Saya selalu aktif dalam kerja kelompok






6.    Kompetensi sikap jujur
Indikator :
1.      Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian / ulangan
2.      Tidak menjadi plagiat (mengambil,menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
3.      Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
Indi
kator
Aspek
pengamatan
Kriteria
1.       
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian / ulangan
Skor 1 : Saya selalu menyontek setiap ujian / ulangan
Skor 2 : Saya sering menyontek saat ujian / ulangan
Skor 3 : Saya kadang-kadang menyontek saat ujian / ulangan
Skor 4 : Saya tidak pernah menyontek saat ujian / ulangan
2.
Tidak menjadi plagiat (mengambil,menjalin,menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
Skor 1 : Saya selalu menjadi plagiat
Skor 2 : Saya sering  menjadi plagiat
Skor 3 : Saya kadang-kadang  menjadi plagiat
Skor 4 : Saya tidak pernah  menjadi plagiat
3.
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
Skor 1 : Saya tidak pernah mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
Skor 2 : Saya kadang-kadang  mengakui kesalahan atau kekurangan
yang dimiliki
Skor 3 : Saya sering  mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
Skor 4 : Saya selalu  mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




7.      Kompetensi sikap santun
Indikator :
1.      Menghormati orang yang lebih tua
2.      Tidak menyela pada waktu yang tidak tepat
3.      Bersikap salam,senyum,sapa

Indi
kator
Aspek
pengamatan
Kriteria

1.
Menghormati orang yang lebih tua
Skor 1 : Saya tidak pernah menghormati orang yang lebih tua
Skor 2 : Saya kadang-kadang menghormati orang yang lebih tua
Skor 3 : Saya sering menghormati orang yang lebih tua
Skor 4 : Saya selalu menghormati orang yang lebih tua
                              4.             
2.
Tidak menyela pembicaraan pada waktu guru menjelaskan pelajaran
Skor 1 : Saya selalu menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
Skor 2 : Saya kadang-kadang menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
Skor 3 : Saya sering menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
Skor 4 : Saya selalu menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat

3.
Bersikap salam,senyum,sapa
Skor 1 : Saya tidak pernah bersikap salam,senyum,sapa
Skor 2 : Saya kadang-kadang bersikap salam,senyum,sapa
Skor 3 : Saya sering bersikap salam,senyum,sapa
Skor 4 : Saya selalu bersikap salam,senyum,sapa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar