INDIKATOR DAN RUBRIK
PENILAIAN
A.
OBSERVASI
SIKAP RELIGIUS
Kompetensi Sikap
Religius
Indikator
:
1. Berdoa
sebelum dan sesudah proses pembelajaran
2. Menjalankan
ibasah sesuai dengan aturan agama tepat waktu (penilaian diri)
3. Memberi
salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan ajaran agama yang dianut
Indi
kator
|
Aspek
pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
a. Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
Skor
1 : Tidak pernah berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor
2 : Kadang-kadang berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor
3 : Sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor
4 : Sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
2.
|
b. Menjalankan
ibadah sesuai dengan aturan agama tepat waktu
|
Skor
1 : Tidak pernah menjalankan ibadah sesuai
aturan agama tepat waktu
Skor
2 : Kadang-kadang menjalankan ibadah sesuai
aturan agama tepat waktu
Skor
3 : Sering menjalankan ibadah sesuai
aturan agama tepat waktu
Skor
4 : Sering menjalankan ibadah sesuai
aturan agama tepat waktu
|
3.
|
c. Memberi
salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut
|
Skor
1 : Tidak pernah memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan
agama yang dianut
Skor
2 : Kadang-kadang memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan
agama yang dianut
Skor
3 : Sering memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama
yang dianut
Skor
4 : Selalu memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama
yang dianut
|
SIKAP
SOSIAL
1.
Kompetensi
sikap rasa ingin tahu
Indikator :
1. Bertanya
kepada guru atau teman tentang materi pelajaran
2. Ketertarikan
terhadap materi pelajaran
3. Berupaya
mencari sumber belajar tentang konsep / masalah yang dipelajari
Indi
kator
|
Aspek
Pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
a. Bertanya
kepada guru atau teman tentang materi pelajaran
|
Skor
1 : Tidak pernah bertanya kepada guru/teman jika menemui kesulitan
Skor
2 : Tidak pernah bertanya kepada guru tetapi berani bertanya kepada temannya
jika menemui kesulitan
Skor
3 : Kadang-kadang berani bertanya dengan teman maaupun guru
Skor
4 : Selalu berani bertanya dengan teman maupun guru jika menemui kesulitan
atau mencari informasi lain sebagai sumber belajar
|
2.
|
b. Ketertarikan
terhadap materi pelajaran
|
Skor
1 : Tidak tertarik pada materi yang diajarkan
Skor
2 : Kadang-kadang tertarik tetapi bersikap pasif pada materi yang di ajarkan
Skor
3 : Kadang-kadang tertarik dan aktif
pada materi yang diajarkan
Skor
4 : Selalu tertarik dan aktif pada saat pembelajaran berlangsung
|
3.
|
c. Berupaya
mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari
|
Skor
1 : Tidak berupaya mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang
dipelajari
Skor
2 : Kadang-kadang berupaya mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang
dipelajari dengan bertanya kepada teman
Skor
3 : Kadang-kadang mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang
dipelajari dengan bertanya kepada guru
Skor
4: Selalu mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari
dengan bertanya kepada teman dan giri
dengan membaca buku,mengamati lingkungan sekitar yang dapat dijadikan sebagai
sumber belajar.
|
2.
Kompetensi
Sikap tanggung jawab
Indikator :
1. Melaksanakan
tugas individu dengan baik
2. Tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
3. Mengembalikan
barang yang di pinjam (penilaian diri dan antar sesama)
Indi
kator
|
Aspek
pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
|
Skor
1 : Tidak pernah melaksanakan tugas dengan baik
Skor
2 : Kadang-kadang melaksanakan tugas dengan baik dan tidak tepat
waktu
Skor
3 : Kadang-kadang melaksanakan tugas dengan baik dan tepat waktu
Skor
4 : Selalu melaksanakan tugas dengan baik dan tepat waktu
|
2.
|
Tidak
menyalahkan orang lain untuk kesalahan tindakan kita sendiri
|
Skor
1 : Selalu menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
Skor
2 : Kadang-kadang menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti
yang akurat
dan mempengaruhi teman lain
Skor
3 : Kadang-kadang menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti
yang akurat
tetapi tidak mempengaruhi teman lain
Skor
4 : Tidak pernah menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang
akurat
|
3.
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
Skor
1 : Tidak pernah mengembalikan barang yang dipinjam
Skor
2 : Kadang-kadang mengembalikan barang yang dipinjam tidak tepat
waktu
Skor
3 : Kadang-kadang mengembalikan barang yang dipinjam tepat
waktu
Skor
4 : Selalu mengembalikan barang yang dipinjam dan tepat waktu
|
3.
Kompetensi
Sikap percaya diri
Indikator
:
1. Berpendapat/melakukan
kegiatan tanpa ragu-ragu
2. Berani
presentasi di depan kelas
3. Mampu
membuat keputusan dengan cepat (Penilaian Diri)
Indi
kator
|
Aspek
Pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
Berani bependapat/ melakukan kegiatan
tanpa ragu-ragu
|
Skor 1 : Tidak pernah
berpendapat/melakukan kegiatan
Skor 2 : Kadang-kadang
berpendapat/melakukan kegiatan tetapi masih ragu-ragu
Skor 3 : Kadang-kadang
berpendapat/melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
Skor 4 : Selalu berpendapat/melakukan
kegiatan tanpa ragu-ragu
|
2.
|
Berani presentasi di de[an kelas
|
Skor 1 : Tidak pernah presentasi di
depan kelas
Skor 2 : Kadang-kadang presentasi di
depan kelas dengan bimbingan
Skor 3 : Kadang-kadang presentasi di
depan kelas tanpa bimbingan
Skor 4 : Selalu presentasi di depan
kelas tanpa bimbingan
|
3.
|
Mampu membuat keputusan dengan cepat
|
Skor 1 : TIdak pernah mampu membuat
keputusan dengan cepat
Skor 2 : Kadang-kadang mampu membuat
keputusan dengan cepat melalui bimbingan
Skor 3 : Kadang-kadang mampu membuat
keputusan dengan cepat tanpa bimbingan
Skor 4 : Selalu mampu membuat
keputusan dengan cepat tanpa bimbingan
|
4.
Kompetensi
sikap disiplin
Indikator
:
1. Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
2. Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
3. Membawa
buku tulis dan buku teks sesuai dengan mata pelajaran
Indi
kator
|
Aspek
pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
a. Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
|
Skor 1 : Tidak pernah
mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 2 : Kadang-kadang
mengerjakan.mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 3 : Sering
mengerjakan.mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 4 : Selalu
mengerjakan.mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
|
2.
|
b. Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
Skor 1 : Tidak pernah tertib dalam
mengikuti pembelajaran
Skor 2 : Kadang-kadang tertib dalam
mengikuti pembelajaran
Skor 3 : Sering tertib dalam mengikuti
pembelajaran
Skor 4 : Selalu tertib dalam mengikuti
pembelajaran
|
3.
|
Membawa buku tulis dan buku teks
sesuai mata pelajaran
|
Skor 1 : Tidak pernah membawa buku
tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 2 : Kadang-kadang membawa buku
tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 3 : Sering membawa buku tulis dan
buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 4 : Selalu membawa buku tulis dan
buku teks sesuai mata pelajaran
|
5.
Kompetensi
sikap gotong-royong
Indikator
:
1. Terlibat
aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
2. Kesediaan
melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
3. Aktif
dalam kerja kelompok
Indi
kator
|
Aspek
pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
Terlibat aktif
dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
|
Skor 1 : Tidak pernah terlibat aktif
dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
Skor 2 : Kadang-kadang terlibat aktif
dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
Skor 3 : Sering terlibat aktif dalam
bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
Skor 4 : Selalu terlibat aktif dalam
bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
|
2.
|
Kesediaan melakukan tugas sesuai
dengan kesepakatan
|
Skor 1 : Tidak pernah melakukan tugas
sesuai dengan kesepakatan
Skor 2 : Kadang-kadang melakukan tugas
sesuai dengan kesepakatan
Skor 3 : Sering melakukan tugas sesuai
dengan kesepakatan
Skor 4 : Selalu melakukan tugas sesuai
dengan kesepakatan
|
3.
|
Aktif dalam
kerja kelompok
|
Skor 1 : Tidak pernah aktif dalam
kerja kelompok
Skor 2 : Kadang-kadang aktif dalam
kerja kelompok
Skor 3 : Sering aktif dalam kerja
kelompok
Skor 4 : Selalu aktif dalam kerja
kelompok
|
6.
Kompetensi
sikap jujur
Indikator
:
1. Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian / ulangan
2. Tidak
menjadi plagiat (mengambil,menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
3. Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
Indi
kator
|
Aspek
pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian / ulangan
|
Skor 1 : Selalu menyontek setiap
ujian / ulangan
Skor 2 : Sering menyontek saat
ujian / ulangan
Skor 3 : Kadang-kadang menyontek
saat ujian / ulangan
Skor 4 : Tidak pernah menyontek
saat ujian / ulangan
|
2.
|
Tidak
menjadi plagiat (mengambil,menjalin,menyalin karya orang lain tanpa
menyebutkan sumber)
|
Skor 1 : Selalu menjadi plagiat
Skor 2 : Sering menjadi plagiat
Skor 3 : Kadang-kadang menjadi plagiat
Skor 4 : Tidak pernah menjadi plagiat
|
3.
|
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
Skor 1 : Tidak pernah mengakui
kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
Skor 2 : Kadang-kadang mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
Skor 3 : Sering mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
Skor 4 : Selalu mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
|
7.
Kompetensi
sikap santun
Indikator
:
1. Menghormati
orang yang lebih tua
2. Tidak
menyela pada waktu yang tidak tepat
3. Bersikap
salam,senyum,sapa
Indi
kator
|
Aspek
pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
Menghormati
orang yang lebih tua
|
Skor
1 : Tidak pernah menghormati orang yang lebih tua
Skor
2 : Kadang-kadang menghormati orang yang lebih tua
Skor
3 : Sering menghormati orang yang lebih tua
Skor
4 : Selalu menghormati orang yang lebih tua
|
2.
|
Tidak
menyela pembicaraan pada waktu guru menjelaskan pelajaran
|
Skor
1 : Selalu menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
Skor
2 : Kadang-kadang menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
Skor
3 : Sering menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
Skor
4 : Selalu menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
|
3.
|
Bersikap
salam,senyum,sapa
|
Skor
1 : Tidak pernah bersikap salam,senyum,sapa
Skor
2 : Kadang-kadang bersikap salam,senyum,sapa
Skor
3 : Sering bersikap salam,senyum,sapa
Skor
4 : Selalu bersikap salam,senyum,sapa
|
INDIKATOR DAN RUBRIK
PENILAIAN
B.
PENILAIAN
DIRI
SIKAP RELIGIUS
Kompetensi Sikap
Religius
Indikator
:
1.
Berdoa sebelum dan sesudah
proses pembelajaran
2.
Menjalankan ibasah
sesuai dengan aturan agama tepat waktu (penilaian diri)
3.
Memberi salam pada awal
dan akhir presentasi sesuai dengan ajaran agama yang dianut
Indi
kator
|
Aspek
Pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
a. Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
Skor
1 : Saya tidak pernah berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor
2 : Saya kadang-kadang berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor
3 : Saya sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Skor
4 : Saya sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
2.
|
b. Menjalankan ibadah sesuai dengan aturan
agama tepat waktu
|
Skor
1 : Saya tidak pernah menjalankan ibadah sesuai aturan agama tepat waktu
Skor
2 : Saya kadang-kadang menjalankan ibadah sesuai aturan agama tepat waktu
Skor
3 : Saya sering menjalankan ibadah sesuai
aturan agama tepat waktu
Skor
4 : Saya sering menjalankan ibadah sesuai
aturan agama tepat waktu
|
3.
|
c.
Memberi salam pada
awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianut
|
Skor
1 : Saya tidak pernah memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai
dengan agama yang dianut
Skor
2 : Saya kadang-kadang memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai
dengan agama yang dianut
Skor
3 : Saya sering memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan
agama yang dianut
Skor
4 : Saya selalu memberi salam pada awal dan akhir presentasi sesuai dengan
agama yang dianut
|
1.
Kompetensi
Sikap Rasa ingin tahu
Indikator :
1.
Mengemukakan pikiran
atau bertanya yang berupaya untuk menhetahui lebih mendalam dan meluas dari
suatu yang dipelajari,dilihat,dan didengar
2.
Mencerminkan sikap
ketertarikan yang berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari
suatu yang dipelajari,dilihat,dan didengar
3.
Melakukan tinadakan
yang berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari suatu yang
dipelajari,dilihat,dan didengar
Indi
Kator
|
Aspek
Pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
a.
Bertanya kepada guru
atau teman tentang materi pelajaran
|
Skor
1 : Saya tidak pernah bertanya kepada guru/teman jika menemui kesulitan
Skor
2 : Saya tidak pernah bertanya kepada guru tetapi berani bertanya kepada
temannya jika menemui kesulitan
Skor
3 : Saya kadang-kadang berani bertanya dengan teman maaupun guru
Skor
4 : Saya selalu berani bertanya dengan teman maupun guru jika menemui
kesulitan atau mencari informasi lain sebagai sumber belajar
|
2.
|
b.
Ketertarikan terhadap
materi pelajaran
|
Skor
1 : Saya tidak tertarik pada materi yang diajarkan
Skor
2 : Saya kadang-kadang tertarik tetapi bersikap pasif pada materi yang di
ajarkan
Skor
3 : Saya kadang-kadang tertarik dan aktif
pada materi yang diajarkan
Skor
4 : Saya selalu tertarik dan aktif pada saat pembelajaran berlangsung
|
3.
|
c.
Berupaya mencari
sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari
|
Skor
1 : Saya tidak berupaya mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang
dipelajari
Skor
2 : Saya kadang-kadang berupaya mencari sumber belajar tentang konsep/masalah
yang dipelajari dengan bertanya kepada teman
Skor
3 : Saya kadang-kadang mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang
dipelajari dengan bertanya kepada guru
Skor
4: Saya selalu mencari sumber belajar tentang konsep/masalah yang dipelajari
dengan bertanya kepada teman dan giri
dengan membaca buku,mengamati lingkungan sekitar yang dapat dijadikan sebagai
sumber belajar.
|
2.
Kompetensi
Sikap tanggung jawab
Indikator :
1.
Melaksanakan tugas
individu dengan baik
2.
Tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
3.
Mengembalikan barang
yang di pinjam (penilaian diri dan antar sesama)
Indi
Kator
|
Aspek
Pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
|
Skor
1 : Saya tidak pernah melaksanakan tugas dengan baik
Skor
2 : Saya kadang-kadang melaksanakan tugas dengan baik dan tidak tepat waktu
Skor
3 : Saya kadang-kadang melaksanakan tugas dengan baik dan tepat waktu
Skor
4 : Saya selalu melaksanakan tugas dengan baik dan tepat waktu
|
2.
|
Tidak
menyalahkan orang lain un tuk kesalahan tindakan kita sendiri
|
Skor
1 : Saya selalu menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
Skor
2 : Saya kadang-kadang menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
dan mempengaruhi teman lain
Skor
3 : Saya kadang-kadang menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
tetapi tidak mempengaruhi teman lain
Skor
4 : Saya tidak pernah menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
3.
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
Skor
1 : Saya tidak pernah mengembalikan barang yang dipinjam
Skor
2 : Saya kadang-kadang mengembalikan barang yang dipinjam tidak tepat waktu
Skor
3 : Saya kadang-kadang mengembalikan barang yang dipinjam tepat waktu
Skor
4 : Saya selalu mengembalikan barang yang dipinjam dan tepat waktu
|
3.
Kompetensi
Sikap percaya diri
Indikator
:
1. Berpendapat/melakukan
kegiatan tanpa ragu-ragu
2. Berani
presentasi di depan kelas
3. Mampu
membuat keputusan dengan cepat (Penilaian Diri)
Indi
kator
|
Aspek
Pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
Berani bependapat/ melakukan kegiatan
tanpa ragu-ragu
|
Skor 1 : Saya tidak pernah
berpendapat/melakukan kegiatan
Skor 2 : Saya kadang-kadang
berpendapat/melakukan kegiatan tetapi masih ragu-ragu
Skor 3 : Saya kadang-kadang
berpendapat/melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
Skor 4 : Saya selalu
berpendapat/melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
2.
|
Berani presentasi di de[an kelas
|
Skor 1 : Saya tidak pernah presentasi
di depan kelas
Skor 2 : Saya kadang-kadang presentasi
di depan kelas dengan bimbingan
Skor 3 : Saya kadang-kadang presentasi
di depan kelas tanpa bimbingan
Skor 4 : Saya selalu presentasi di
depan kelas tanpa bimbingan
|
3.
|
Mampu membuat keputusan dengan cepat
|
Skor 1 : Saya tidak pernah mampu
membuat keputusan dengan cepat
Skor 2 : Saya kadang-kadang mampu
membuat keputusan dengan cepat melalui bimbingan
Skor 3 : Saya kadang-kadang mampu
membuat keputusan dengan cepat tanpa bimbingan
Skor 4 : Saya selalu mampu membuat
keputusan dengan cepat tanpa bimbingan
|
4.
Kompetensi
sikap disiplin
Indikator
:
1.
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
2.
Tertib dalam mengikuti
pembelajaran
3.
Membawa buku tulis dan
buku teks sesuai dengan mata pelajaran
Indi
kator
|
Aspek
pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
a. Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
|
Skor 1 : Saya tidak pernah
mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 2 : Saya kadang-kadang
mengerjakan.mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 3 : Saya sering
mengerjakan.mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor 4 : Saya selalu
mengerjakan.mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
|
2.
|
b. Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
Skor 1 : Saya tidak pernah tertib
dalam mengikuti pembelajaran
Skor 2 : Saya kadang-kadang tertib
dalam mengikuti pembelajaran
Skor 3 : Saya sering tertib dalam
mengikuti pembelajaran
Skor 4 : Saya selalu tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
3.
|
c. Membawa
buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
|
Skor 1 : Saya tidak pernah membawa
buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 2 : Saya kadang-kadang membawa
buku tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 3 : Saya sering membawa buku
tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
Skor 4 : Saya selalu membawa buku
tulis dan buku teks sesuai mata pelajaran
|
5.
Kompetensi
sikap gotong-royong
Indikator
:
1. Terlibat
aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
2. Kesediaan
melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan
3. Aktif
dalam kerja kelompok
Indi
kator
|
Aspek
pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
Terlibat aktif dalam bekerja
bakti membersihkan kelas atau sekolah
|
Skor 1 : Saya tidak pernah terlibat
aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
Skor 2 : Saya kadang-kadang terlibat
aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
Skor 3 : Saya sering terlibat aktif
dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
Skor 4 : Saya selalu terlibat aktif
dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
|
2.
|
Kesediaan melakukan tugas sesuai
dengan kesepakatan
|
Skor 1 : Saya tidak pernah melakukan
tugas sesuai dengan kesepakatan
Skor 2 : Saya kadang-kadang melakukan
tugas sesuai dengan kesepakatan
Skor 3 : Saya sering melakukan tugas
sesuai dengan kesepakatan
Skor 4 : Saya selalu melakukan tugas
sesuai dengan kesepakatan
|
3.
|
Aktif dalam kerja kelompok
|
Skor 1 : Saya tidak pernah aktif dalam
kerja kelompok
Skor 2 : Saya kadang-kadang aktif
dalam kerja kelompok
Skor 3 : Saya sering aktif dalam kerja
kelompok
Skor 4 : Saya selalu aktif dalam kerja
kelompok
|
6.
Kompetensi
sikap jujur
Indikator
:
1. Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian / ulangan
2. Tidak
menjadi plagiat (mengambil,menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
3. Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
Indi
kator
|
Aspek
pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian / ulangan
|
Skor 1 : Saya selalu menyontek
setiap ujian / ulangan
Skor 2 : Saya sering menyontek
saat ujian / ulangan
Skor 3 : Saya kadang-kadang
menyontek saat ujian / ulangan
Skor 4 : Saya tidak pernah
menyontek saat ujian / ulangan
|
2.
|
Tidak
menjadi plagiat (mengambil,menjalin,menyalin karya orang lain tanpa
menyebutkan sumber)
|
Skor 1 : Saya selalu menjadi
plagiat
Skor 2 : Saya sering menjadi plagiat
Skor 3 : Saya kadang-kadang menjadi plagiat
Skor 4 : Saya tidak pernah menjadi plagiat
|
3.
|
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
Skor 1 : Saya tidak pernah
mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
Skor 2 : Saya kadang-kadang mengakui kesalahan atau kekurangan
yang
dimiliki
Skor 3 : Saya sering mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
Skor 4 : Saya selalu mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
|
7.
Kompetensi
sikap santun
Indikator
:
1. Menghormati
orang yang lebih tua
2. Tidak
menyela pada waktu yang tidak tepat
3. Bersikap
salam,senyum,sapa
Indi
kator
|
Aspek
pengamatan
|
Kriteria
|
1.
|
Menghormati
orang yang lebih tua
|
Skor
1 : Saya tidak pernah menghormati orang yang lebih tua
Skor
2 : Saya kadang-kadang menghormati orang yang lebih tua
Skor
3 : Saya sering menghormati orang yang lebih tua
Skor
4 : Saya selalu menghormati orang yang lebih tua
|
4.
2.
|
Tidak
menyela pembicaraan pada waktu guru menjelaskan pelajaran
|
Skor
1 : Saya selalu menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
Skor
2 : Saya kadang-kadang menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
Skor
3 : Saya sering menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
Skor
4 : Saya selalu menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
|
3.
|
Bersikap
salam,senyum,sapa
|
Skor
1 : Saya tidak pernah bersikap salam,senyum,sapa
Skor
2 : Saya kadang-kadang bersikap salam,senyum,sapa
Skor
3 : Saya sering bersikap salam,senyum,sapa
Skor
4 : Saya selalu bersikap salam,senyum,sapa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar